Menu

Langkah Awal Branding untuk Perusahaan Anda

Submitted by: Power Admin - 00147928577416 Nov 2016, 15:42:54

Jika Anda adalah seorang owner perusahaan, maka pastinya Anda sudah paham betul apa itu branding. Anda juga pasti telah menyadari mengapa branding lebih dari sekedar penting. Bahkan, dalam ilmu ekonomi dikatakan bahwa lebih baik untuk mempromosikan barang dulu baru memproduksi.

Namun, tidak banyak pelaku bisnis yang benar-benar mengerti esensi branding. Susah melepas doktrin bahwa branding bukanlah sekedar logo. Branding adalah identitas perusahaan. Bagaimana masyarakat bahkan staff Anda sendiri menilai product Anda. Jika anak buah Anda saja harus berfikir panjang atau bertele-tele merangkai kata untuk menjelaskan product, maka branding yang Anda lakukan selama ini mungkin saja gagal.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk melakukan branding? Yang jelas, selalu libatkan faktor emotional. Dimana Anda bisa membuat orang lain merasakan hal yang sama dengan branding yang Anda sampaikan, maka Anda telah sukses. Faktor emosional ini juga yang akan mencetak banyak customer loyal.

Start by defining your brand

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mereview product yang Anda miliki. Apa kelebihan dan apa yang membuatnya berbeda di pasaran. Karakter branding Anda harus dekat dengan masyarakat. Dalam artian suatu hal yang rasional dan dapat diingat dengan cepat.

Contoh branding yang rasional adalah “ Now, everyone can fly”. Tag line tersebut jauh lebih masuk akal dan mengena dibandingkan semata-mata “ Ayo terbang bersama kami!”

When building your brand, think of it as a person

Tentu, selalu ada unsur egois yang muncul ketika membuat sebuah branding. Masing-masing pemberi ide akan merefleksikan pengalaman yang pernah mereka. Namun hal ini tidak dibenarkan ketika membuat sebuah branding untuk sebuah perusahaan. Hal yang benar adalah dengan memposisikan diri kita sebagai seorang customer. Lebih baik lagi sebagai seorang masyarakat awam. Dengan begitu, kita bisa mempastikan pesan yang ingin kita sampaikan dapat diterima banyak orang.

Aim to build long-term relationships with your customers

Kesalahan besar dalam membuat branding adalah membuat orang lain berekspektasi terlalu tinggi. Hal ini sangat riskan. Saat perusahaan Anda tidak bisa memenuhi ekspektasi tersebut, maka perusahaan Anda telah kehilangan kepercayaan dari satu orang.

Don't repeat the same message in the same way over and over again

Sah sah saja mempunyai tagline, sah sah juga mempunyai promo. Namun, Anda dilarang untuk menyampaikanya secara berlebihan. Terlebih dengan cara dan tampilan yang sama. Bukanya akan diingat, pesan yang Anda sampaikan akan dianggap spam

Speak to your customers with a consistent tone of voice

Branding bukan hanya diciptakan dari logo maupun design. Branding bahkan diciptakan dari bagaimana sales Anda membangun komunikasi dengan customer. Pastikan, setiap ujung tombak Anda mempunyai haluan yang jelas. Ada standart dan panduan yang pasti. Sehingga, pelayanan dari masing-masing mereka sudah pasti.


RELATED NEWS