Menu

5 Tipe Atasan dan Cara Mengatasinya

Submitted by: Power Admin - 00147919818915 Nov 2016, 15:23:09

Selama belum menjadi seorang CEO atau owner, pasti ada kalanya seorang pekerja mempunyai seorang bos. Nah, ada beberapa tipe atasan yang sering kita temui di dunia kerja. Dan mau tidak mau, sifat atasan Anda banyak membawa pengaruh pada kenyamanan Anda sendiri. Itulah mengapa, mengenali sifat atasan Anda cukup penting.

Inilah lima tipe bos dan cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan suasana kerja yng kondusif.

The Workaholic

Menyeimbangkan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi tidak pernah ada dalam kamus seorang workaholic. Boss dengan type ini akan membuat pekerjaan adalah hal utama baginya. Jangan heran jika Anda menemui mereka bekerja di malam hari, di hari libur atau saat mereka sendiri punya acara penting. Isu kesehatan mungkin saja mereka pahami. Namun kenyataanya bukan sebuah hal utama. Anda tidak perlu bersaing dengan mereka. Bukan berarti juga Anda harus ikut-ikutan. Kerjakan tugas Anda dengan efisien dan sesuai dengan deadline yang ditentukan.

PT LIU


The Micromanager

Type atasan yang satu ini adalah type seorang yang selalu ingin tahu. Memang benar, semua pekerjaan Anda adalah tanggung jawabnya. Namun, Jika tidak disikapi dengan baik, Micromanager akan menghilangkan rasa saling percaya. Anda tidak mau kan, merasa selalu di awasi? Untuk menghadapi atasan seperti ini, maka Andalah yang harus disiplin memberi laporan. Semakin Anda diam, semakin Anda diawasi.

The Whatever

Jika sekarang Anda berada di bawah seorang atasan yang cuek, ada hal plus minus yang akan Anda hadapi. Kelebihanya adalah Anda bisa berkarya sebaik mungkin. Jarang sekali atasan Anda datang dan merombak total apa yang sedang Anda kerjakan. Namun, tiap kali ada masalah yang terjadi, jangan berharap boss akan datang membantu. Jika Anda sedang bersama tipe ini sekarang, maka Anda harus lebih proaktif untuk mengajajak dia berdiskusi. Beri tahu dia dalam setiap perkembangan project yang terjadi.

The Friendly

Tipe boss yang satu ini terlihat menyenangkan dibandingkan dengan tipe yang lain. Anda bisa berbicara bahkan ngobrol dengan santai bersama. Pun juga Anda bisa bisa membicarakan pekerjaan dengan mudah. Namun, mereka tetaplah atasan. Ada batasan yang harus Anda patuhi. Anda juga tidak perlu menceritakan kehidupan pribadi dan keluarga. Anda tidak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi kedepanya.

The Manipulator

Inilah type atasan yang paling tidak bisa dicontoh. Mereka cenderung egois dan tidak mau rugi. Mereka memposisikan dirinya sebagai boss bukan sebagai pemimpin. Type ini tidak ragu untuk membuat janji -janji palsu. Jika berhadapan dengan type atasan seperti mereka, Anda juga harus sama cerdiknya. Pastikan semua perintah dari mereka jelas. Jika ada resiko, pastikan ada bukti jika atasan Anda juga akan ikut bertanggung jawab.



RELATED NEWS