Menu

Tips Recruitment Efektif

Submitted by: Power Admin - 00147340433209 Sep 2016, 13:58:52

Proses recruitment dalam sebuah perusahaan adalah sebuah momen krusial. Bagi seorang human resource development, momen ini juga menjadi tanggung jawab besar yang harus mereka selesaikan. Karena, keputusan mereka pada siapa saja yang mereka pilih untuk bergabung berdampak besar pada perusahaan. Oleh karena itu, merekrut karyawan baru di tempat dan saat yang tepat sangatlah penting.

Dibawah ini adalah langkah-langkah tepat jika Anda ingin memulai proses recruitment :

1.Perhatikan benar-benar posisi yang akan diisi

Pertama, Anda harus mengumpulkan informasi pada hal-hal seperti :

a.Job desk posisi

b.Output yang diharapkan dari sebuah posisi

c.Tujuan utama adanya posisi tersebut

d.Skill dan personal atribut yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut

Hasil empat list ini akan membantu Anda menentukan kriteria pada calon kandidat

2.Beri detail skill yang Anda cari pada kandidat

Setelah memahami posisi yang akan mendapat karyawan baru, Anda juga harus mempastikan bahwa Anda telah membuat list kualifikasi apa saja yang dibutuhkan. Contoh adalah seorang IT. Anda harus mencatat bahwa seorang kandidat IT harus memiliki :

a.Kemampuan dalam memhami bahasa pemrograman (PHP, MySQL, Java script, JQuery dll)

b.Pengetahuan dasar soal jaringan

c.Ulet dan terbiasa akan deadline

List skill yang perushaan butuhkan akan mempermudah Anda dan kandidat untukmemahami apa yang sebenarnya posisi tersebut butuhkan

3.Memulai proses Recruitment

Ada dua cara untuk memulai proses recruitment Anda. Pertama, Anda bisa bergerak dalam system internal. Anda memberikan pengumuman dan memberi kesempatan pada karyawan Anda untuk merekomendasikan orang yang mereka kenal. Cara kedua adalah dengan system external. Baik dengan mengikuti job fair, online dan job advertisement

4.Pastikan segala ketentuan ditulis dengan jelas

Ketika Anda mulai melakukan advertisement besar, Anda harus pastikan pengumuman ditulis dengan jelas. Seperti kualifikasi, bonafit, deadline dan lain-lain

5.Proses seleksi dimulai!

Proses seleksi dapat Anda mulai dengan menyempitkan pilihan kandidat. Anda bisa mensortir resume yang masuk dari kualifikasi. 10 Besar atau kandidat terpilih dapat Anda undang untuk proses interview.

Nah, dalam proses interview inilah keahlian Anda untuk menilai orang secara objective benar-benar akan berperan. Anda perlu memenangkan proses negosiasi dan membuat Anda mendapatkan sebanyak mungkin informasi tentang kandidat.

6.Proses tidak berhenti setelah Anda menemukan satu nama terbaik

Setelah melalui semua proses recruitment tadi, Anda akan memegang satu nama terbaik untuk posisi yang dibutuhkan. Namun, tidak berarti tugas Anda telah selesai. Anda harus mempastikan karyawan baru tersebut cepat beradaptasi. Anda bisa membantunya dengan melakukan training, memberikan kesan ramah dan memperkanalkan lingkungan perusahaan.


RELATED NEWS