Menu

5 Hal yang Harus dimiliki Oleh Salesman Handal

Submitted by: Power Admin - 00147107171513 Ags 2016, 14:01:55

Berkarir menjadi seorang sales bisa jadi merupakan sebuah profesi yang menantang. Dibutuhkan pengetahuan , kualitas dan kepribadian yang menarik. Terlebih lagi, seorang sales dituntut mampu menjadi seorang pembicara yang baik. Oleh karena itu, communication skill berada dalam porsi besar. Mereka juga harus mampu menjadi pendengar sekaligus lawan bicara yang baik. Namun, itu saja belum cukup. Masih ada enam kemampuan lain yang harus dimiliki oleh seorang sales. Ketrampilan apa saja itu?

1.Kemampuan untuk melihat prospek

Menemukan lahan yang tepat sebelum bercocok tanam adalah kemampuan vital. Anda harus paham, mana tanah yang bisa menghasilkan panen atau sebaliknya. Untuk mendapat ketrampilan ini Anda harus menjadi seorang jeli. Anda harus paham benar product yang Anda pegang dan dimana pasar Anda. Jika tidak, maka Anda terancam hanya membuang waktu


2.Pandai Membangun Hubungan

Meskipun seorang sales harus pandai berbicara, bukan berarti Anda berhenti pada level itu. Anda harus mampu membangun sebuah hubungan dan membentuk koneksi. Karena, belum pasti Anda akan berhasil dalam percakapan pertama. Jika Anda berhasil mendapat koneksi, kesempatan Anda untuk goal akan jauh lebih besar. Selain itu, jangan hanya menggunakan tips basa basi dan menanyakan pertanyaan-pertanyaan klasik. Buatlah para konsumen Anda percaya dengan niat baik Anda. Bahwasanya Anda tidak hanya akan menjual barang. Melainkan Anda berusaha membantu mereka, memberikan solusi dan mengerti posisi mereka sekarang.

3.Mampu memberikan pertanyaan yang cerdas dan sistematis

Sebelum memberikan obat, seorang dokter harus mendiagnosa penyakit pasien. Mengetahui dimana letak masalah dan dibagian mana saja dia bisa memberikan bantuan. Begitu juga dengan seorang sales. Anda harus mampu melihat kebutuhan yang sesungguhnya. Hal tersebut dapat terjawab jika Anda cerdas memilih pertanyaan. Anda harus mampu memilah-milah kata menjadi pertanyaan yang membantu, relevan, dan spesifik demi mendapat jawaban yang tepat. Saat sudah mendapat jawaban yang Anda butuhkan, Anda dapat menawarkan produk atau layanan Anda sebagai solusi untuk masalah mereka.

4.Menjadi pendengar yang baik

Inti utama dalam bernegosiasi bagi seorang sales bukan hanya memberikan informasi sebanyak-banyaknya. Melainkan memberi informasi yang tepat dan relevan. Anda tidak harus berbicara sepanjang waktu seolah Anda tahu semuanya. Anda juga harus menjadi seorang pendengar. Karena informasi dari client Anda selalu penting untuk diperhatikan. Jika tidak, maka Anda terancam gagal memberikan product yang tepat

5.Penolakan bukan akhir segalanya

Penolakan merupakan sebuah hal yang wajar dan tidak dapat dielak. Justru disinilah Anda harus menjadi seorang yang gigih. Anda harus tahu mengapa client Anda melakukan penolakan. Evaluasi yang berkala ini akan membantu Anda membuat strategi tersendiri saat kembali bertugas


RELATED NEWS