Menu

Inbound Marketing Sebagai Solusi

Submitted by: Power Admin - 00147029193904 Ags 2016, 13:25:39

Inbound marketing mulai dikenal pada tahun 2006 dan kian menunjukkan popularitasnya. Bahkan, strategi marketing menggunakan media internet telah mengubah berbagai gaya hidup manusia. Dimulai dari bagaimana kita mencari informasi, berkomunikasi dengan orang lain dan tentu saja bagaimana kita melakukan transaksi jual beli. Inbound marketing menunjukan viral effect lebih besar dan cepat. Mengubah berbagai sudut pandang manusia mengenai bisnis. Serta hampir 100% mengubah perilaku manusia terkait media.

“People change. Media transform “

Apa Sebenarnya Inbound Marketing ?

Inbound marketing merupakan sebuah strategi pemasaran modern dengan memanfaatkan teknologi. Konsep dari inbound marketing adalah membuat calon konsumenlah yang mencari product kita. Tentu saja dengan memberikan konten-konten menarik sehingga mereka tertarik untuk mengenal product lebih dekat. Ya, inbound marketing hampir sepenuhnya merupakan sebuah soft sales.

Apa Perbedaan outbond dan inbound marketing ?

Jika inbound marketing mempunyai konsep membiarkan konsumen aktif mencari kita, beda halnya dengan outbond marketing. Sesuai namanya out atau yang berarti keluar, outbond marketing bertumpu pada kekuatan brand dan keaktifan promosi. Semakin sering tim marketing melakukan promosi entah melalui Koran, iklan dan media lain, semakin cepat pula product kita diterima masyarakat. Dapat disimpulkan bahwa outbond marketing adalah metode jemput bola. Munculnya inbound marketing tak lepas dari adanya kelemahan system marketing model ini.

3 kelemahan besar dalam outbound marketing adalah :

  • 1.Perusahaan akan mengincar semua orang bahkan siapa saja yang sebenarnya bukan pangsa pasar kita. Contoh, saat mereka menyebar flyer atau memasang video tron. Meskipun semua orang bisa melihat iklan kita, kemungkinan hanya 20% dari mereka yang sesuai
  • 2.Gerak agresif outbond marketing baik melalui telfon dan email rentan menggangu calon konsumen
  • 3.Outbond marketing membutuhkan biaya yang sangat besar

Bagaimana dengan inbound marketing?

Selain lebih modern, inbound marketing mempunyai cara marketing yang lebih halus. Dia hanya melempar umpan dan membiarkan siapa saja yang memang “siap untuk makan” lah yang mendekat. Inbound marketing akan dilakukan melalui 4 tahap

Attract

Attract merupakan step pertama inbound marketing menggunakan hal-hal menarik seperti konten dan gambar. Setelah para calon konsumen tertarik dengan hal-hal yang kita miliki maka dengan senang hati mereka akan masuk dalam tahap ke dua yaitu convert. Tahap attract dapat dilakukan melalui sosial media, artikel website, dan google search

Convert

Convert adalah step kedua setelah kita berhasil menarik perhatian calon konsumen. Dalam tahap ini dibutuhkan admin yang stand by 24 jam untuk memberi informasi. Tahap convert bisa dianggap sukses saat kita berhasil memperoleh data diri konsumen

Close

Tahap krusial dalam inbound marketing berada dalam tahap close ini. Agar berjalan efektif, dibutuhkan seorang sales yang berpengalaman. Jika tidak, maka tak ada bedanya dengan outbond marketing. Sales harus bisa menjelaskan dengan halus serta tidak ada kesan paksaan. Membuat konsumen berada dalam posisi “yang membutuhkan” tetap menjadi tujuan utama.

Delight

Konsumen dianggap memasuki tahap delight saat mereka telah membeli product yang kita tawarkan. Saat seluruh tahap tadi berjalan dengan baik maka tidak ada keraguan para konsumen akan kembali lagi


RELATED NEWS